Tuesday 17 February 2015

Cara Mengetahui Online shop Penipu atau Bukan

Online shop sudah mulai berkembang pada saat ini. Perkembangan positif mulai dirasakan oleh pedagang dan pembeli online shop. Tetapi sayang perkembangan positif tersebut harus di nodai oleh online shop curang atau online shop penipu. Oleh karena itu kita harus mulai waspada dan harus mengetahui apakah online shop tersebut penipu atau online shop terpercaya.

Pada dasarnya memang gampang - gampang susah untuk mengetahui apakah online shop tersebut merupakan online shop penipu ataukah online shop terpercaya. tetapi kalau kita mempunyai feeling dan wawasan yang cukup mengenai cara mengetahui online shop penipu atau online shop terpercaya, maka kita bisa terhindar dari penipuan.



Beberapa hari yang lalu, kami telah membuat daftar online shop penipu yang kebanyakan dari fanspage facebook. Kebanyakan online shop penipu memang mencari jalan yang mudah dan yang termudah bagi mereka memang membuat anline shop melalui facebook. Walaupun ada juga penipu yang menggunakan website, oleh karena itu perlu waspada.

Beberapa cara untuk mengetahui online shop penipu ataukah online shop terpercaya :
  1. Contact person - mencangkup beberapa item antara lain nomer telpon, pin BB, alamat. Apakah nomer telpon yang di pasang bisa di hubungi? Dan apakah ada alamat pada website tersebut? Harap berhati - hati apabila nomer telpon tidak bisa di hubungi baik di telpon, di sms atau mungkin ada whatsapp. Kadang kala online shop memang sengaja tidak mau menerima telpon (biasanya sudah di beri keterangan HANYA SMS atau WA saja) dikarenakan mungkin online shop tersebut belum mempunyai CS dan merasa bahwa di website sudah jelas. Tetapi anda perlu melakukan cek minimal anda melakukan misscall, kalau masuk berarti dapat di katakan 50% OKE. Alamat pun kadang online shop tidak memberikan alamat yang jelas, kadang hanya di tulis KOTA nya saja, alasannya adalah banyak sekali teror yang bisa terjadi atau karena memang dia hanya menjalankan sistem online nya, sehingga bila ada customer datang dia tidak bisa melayani. Anda bisa melakukan komunikasi melalui BBM atau WA untuk menanyakan alamat nya
  2. Nomer Rekening - ini bisa di jadikan acuan yang pasti. Pastikan nomer rekening dari online shop ini mempunyai nama yang sama, paling banyak 2 nama yang di paparkan, karena biasanya menggunakan nomer rekening istri dan suami. Jangan sampai ada banyak nomer rekening dengan nama yang berbeda - beda. Ini pun prosentase nya baru dapat dikatakan sekian persen dapat dipercaya... lakukan pengecekan selanjutnya.
  3. Referensi dari pihak ketiga - bisa dari teman, berita online terpercaya, saudara atau website terpercaya lainnya.Kalau anda mendapatkan referensi dari saudara dan teman yang sudah pernah melakukan transaksi dengan online shop tersebut, maka dapat di pastikan 100% online shop terpercaya. Untuk referensi website, untuk saat ini ada website namanya polisionline.com dimana dia selalu melakukan penyelidikan terhadap online shop. Bila online shop tersebut terpercaya, maka akan memberikan informasi kepada pemilik online shop supaya memasang logo ONLINE SHOP terpercaya (logo online shop terpercaya akan saya pajang di bawah). Maka dapat dipastikan 100% terpercaya. Referensi lain adalah dari berita online terpercaya, saat ini merdeka.com sangat gencar mempromokan online shop, maka bila sudah melakukan wawancara dengan wartawan merdeka.com biasanya di beri link banner untuk di pasang di online shop, maka dipastikan online shop ini terpercaya 100% (banner merdeka.com akan saya pasang di bawah sebagai contoh penampakan bannernya)
  4. Testimoni - ini juga bersifat referensi. Usahakan testimoni berupa foto atau printscreen hasil ngobrol via WA, SMS atau BBM... karena dengan print screen tersebut akan menjadi bukti nyata kepuasan pelanggan. Waspada bila testimoni hanya berupa tulisan yang di pasang di web (bukan photo atau printscreen), karena pemilik online shop juga bisa menulis sendiri testimoni tersebut.
  5. Photo produk - pastikan photo produk adalah asli, bukan photo digital manipulasi komputer. Karena banyak sekali online shop yang menggunakan photo digital manipulasi komputer supaya produk terlihat menarik. Selain anda akan kecewa dengan produk aslinya, bisa jadi itu hanya tipuan untuk menarik perhatian anda.
  6. Harga produk - bandingkan harga produk, bila harga produk serasa tidak wajar (terlalu murah) maka perlu waspada, coba lakukan obrolan dengan pemilik online shop. Anda bisa mengorek keterangan seputar produk, sehingga yakin bahwa harga produk tidak rekayasa.

Salah satu contoh online shop terpercaya 100% adalah Toko Patria - Grosir Kaos Karakter 
LOGO BANNER POLISI ONLINE dan MERDEKA


No comments:

Post a Comment